Sabtu, 29 Maret 2014

triple chocolate cupcake



Kemaren gue pergi ke TBK Blossom yang ada di kota wisata. Sebenernya udah lama pengen ke toko ini, tapi berhubung males karena jauh baru kemaren kesampean. Dan ternyata selain jauh, toko ini susah dicari kalo menurut gue. Huhu…

Gue seneng banget karena bisa beli banyak liner cupcake ^^. Karena kertas cupcake ini agak susah dicari kalo menurut gue. Selain beli berbagai macam cup, gue juga beli Loyang dan baking ingredients lain. Wooooooh! Seneng banget lah pokoknya. Walaupun ada beberapa kejadian ngga ngenakin, tapi gue berusaha melupakan itu dengan memandangi belanjaan gue. *wink*

Pulangnya, gue kepikiran buat bikin cupcake coklat. Langsung deh gue cari resepnya. Dan nemu resep triple chocolate cupcake punya bunda nadhifa. Resep cupcake udah ketemu.. nah giliran nyari frostingnya nih, biar cupcakenya makin cantik. Cupcake sih biasanya dihias pake buttercream atau whippedcream ya.. tapi gue kok kepengen ngehias cupcake pake royal icing ya.. *emang dasar mental rock n roll*. Gue pun belajar kilat motif royal icing di youtube. (royal icing yang biasanya diterapkan pada cookies, gue terapkan pada cake).

Pokoknya gue selesai baking dan décor jam 11 malem. Sumpah capek banget karena seharian itu emang full kegiatan ditambah pas kemaren malemnya ngga tidur.Tapi semua terbayarkan pas ngeliat hasilnya yang cantik sekali walaupun masih berantakan. Hehe..

Terus tadi pagi cupcakenya gue kasih liat keluarga gue. Tsalisah sama ghazi excited banget pas ngeliatnya. Mereka nyomot satu-satu. Temennya tsalisah juga nyomot satu. Bibi di rumah juga nyomot satu. Ibu juga nyomot satu. Kata mereka enak! Terus kata si bibi “wah ini mah kayak kue yang di kardus (?). pinter ya Mba Maya, bikin apa aja bisa..”. *idung gue terbang dan ngga balik lagi*

Terus gue bilang ke ibu, “tiga ratus ribu buat bayar spp, aku ngga dapet apa-apa. Tapi kalo tiga ratus ribu buat beli bahan-bahan kue, bisa bikin banyak resep.”
Kata ibu gue, “terus ijazah kamu giman?”
Gue, “gampang lah, bisa ngikut paket C.”


BERSAMBUNG

Kamis, 27 Maret 2014

my first caramel cake | kalo ngga salah, ngga akan belajar


Hari ini gue nyoba bikin bolu sarang semut. Terakhir kali makan bolu ini pas nikahan tante gue di Surabaya, pas gue masih SD *lama banget dong yaaa*. Sejujurnya gue agak lupa sama rasa bolu ini. Tapi seinget gue rasanya ya…enak! Hehe.. ><

Gue membuat bolu ini dengan mood yang bagus dan penuh sukacita. Pas masih proses baking, gue tiduran depan oven sambil ngeliatin proses terbentuknya sarang-sarang yang konon katanya tempat para semut bersarang.

Pas oven gue bunyi “tinggg!”, gue segera mengeluarkan tuh bolu karena udah ngga sabar pengen liat dalemnya bersarang banyak apa kagak. Pas gue potong….. Alhamdulillah! Sarangnya banyak! Konon kata para blogger, bolu ini termasuk bolu yang belagu karena kadang suka ngga mau bersarang.


Rasanya gimana?


….



Pait! Yap! Hmmm… ngga pait-pait banget sih… tapi ya tetep aja pait… mungkin karena gue baru pertama kali bikin caramel, jadi ngga tau cara masak gulanya supaya ngga gosong. Tapi ngga papa sih… bolunya tetep bias dimakan kok. Rasanya eksotis. *membela kue sendiri*



Well, baking dan cooking itu menyengangkan… ngga peduli hasilnya kayak gimana ^^





Quote dari gue yang sok tua “Mungkin harus salah dulu, supaya tau yang bener itu kayak gimana.”

Rabu, 26 Maret 2014

goodbye MH370

Kemaren pagi hati gue patah pas lihat berita di TV. Perdana menteri Malaysia ngumumin kalo MH370 yang udah ilang selama dua mingguan ini fix ‘berakhir’ di samudera hindia deket perth. Gue langsung nangis. Gue ngga ngebayangin gimana perasaan keluarga penumpang dan awak pesawat yang ditinggalkan. Sekian lama nunggu kabar dari pesawat itu, berharap kalo semuanya baik-baik aja, tapi ternyata kenyataannya bikin hati sakit. 


Kebetulan di twitter, gue follow Maira Elizabeth (@gorxous_) anak dari chief steward yang jadi korban kecelakaan pesawat itu. Gue termasuk yang mantau tweet dia dari awal kejadian ini. Dini hari tanggal 25 maret, setelah konferensi pers tentang berita itu, Si Maira ngetweet:


 “I don’t know what to say, what to think. I feel so lost, so blank. I’m just so tired. Goodnight, daddy. Sigh.. * hugs *”


 Setelah baca tweet itu gue langsung nangis. Sekitar 30 menit ngga berenti-berenti tuh aermata keluar. Entah kenapa rasanya sedih banget. Hidup gue emang ‘deket’ dengan pesawat. Makanya setiap ada kejadian kecelakaan pesawat macem ini gue sedih sekaligus takut. Ayah tercinta kerja di penerbangan. Pas keluarga gue masih tinggal di Manado, Ayah sering ngajak gue ke hangar. Waktu kecil juga gue sempet pengen jadi pilot. Dan sekarang malah kakak gue yang bakal jadi calon pilot (insyAallah. Aamiin)


Ya…ini semua memang udah jadi takdir yang dikehendaki Allah. Walaupun emang pesawat adalah transportasi dengan tingkat kecelakaan terkecil karena teknologinya tinggi, tapi ya tetep aja itu semua kan cuma buatan manusia.


Jadi inget salah satu pilot senior yang jadi narasumber di TVOne kemaren bilang gini: “kita ngga bisa menyimpulkan apa yang sebenarnya terjadi pada kasus ini jika semua penumpang dan awak yang ada di pesawat itu meninggal. Ini adalah case Wallahualam bishawab.”





 Ps: dibuat setelah nangis lagi gegara baca timelinenya Maira..

Selasa, 25 Maret 2014

Jenuh

Sekarang gue lagi ada di dalam kejenuhan yang amat sangat. Bukan..bukan..bukan dalam suatu hubungan pacaran atau apapun itu namanya. Tapi gue jenuh sekolah. Jenuhnya jenuh bangeeeet. Jenuh ngga ada obat. Dan beberapa minggu ini semacam ada pikiran “apa gue berhenti sekolah aja?”.


 Pada dasarnya gue emang bosenan abis anaknya.. seneng nyari sesuatu yang baru yang lebih menantang. Dan menurut gue, gimana bisa maju kalo sekolah gitu-gitu aja? Alhamdulillah gue termasuk siswa yang punya nilai bagus sejak SD. Pas SD selalu masuk 3 besar. Pas SMP pernah dapet juara umum 1 dua kali berturut-turut. Tapi entah kenapa emang sejak masuk SMA (actually, gue di SMK bukan SMA) semangat belajar gue turun. Gue jadi ngegampangin banget belajar. Kalo ujian ngga pernah belajar, ngerjain soal sebisanya. Tapi alhamdulillah dapet 10 besar terus selama 2 semester kemaren.


 Kelar PKL pas semester 3 ini ngebuat semangat belajar gue makin nurun. Gue jadi ngebanding-bandingin masa-masa PKL dan sekolah yang emang nyatanya beda banget. Gue ngerasa kayaknya mendingan keluar dari sekolah terus ikut kursus yang bisa bikin gue punya skill lebih mantep dibandingin sekolah yang kebanyakan teori. Gue udah sharing tentang ini ke nyokap bokap gue, ke kakak gue, ke temen-temen gue. Dan pendapatnya beda-beda. Kalo nyokap bokap sih udah ngasih saran dan gambaran, tapi semuanya terserah gue.. mereka ngebebasin gue. Kalo kata kakak gue, sekarang gue udah dewasa untuk nentuin jalan mana yang mau diambil. Kalo temen-temen gue kebanyakan dari mereka bilangnya sayang kalo keluar sekarang soalnya tinggal setahun lagi, tapi ada juga kok yang support (karena alasan gue mau berhenti sekolah kan baik).


 Tapi gue mikir lagi.. kalo gue berhenti, berarti kalo nanti mau dapat ijazah harus ikutan ujian paket C.. mmm.. noprob sih.. lagipula ijazah paket C kan setara sama ijazah SMA, disamping itu kayaknya gue juga nggak butuh-butuh amat sama ijazah, gue kan nggak ada rencana buat kuliah atau kerja ‘diorang’ gitu. Hidup tuh penuh dengan pilihan ya…






 (TERUS JADINYA GIMANAAAAA?!) Nanti, istikharah dulu. 