Jam 1 siang gue ada janji sama temen nyokap gue buat belajar
bikin cireng. Jadi ceritanya, nyokap bokap gue tuh demen banget ngemil cireng. Selama
ini cuma suka cireng bikinan si ibu ini. Cireng laen pasti ada aja kurangnya. Gue
udah dikasih tau step by stepnya gimana
aja, tapi selalu gagal kalo praktek di rumah. Jadi nyokap nyuruh buat belajar
langsung aja di rumahnya.
Berhubung persediaan tepung sagu cuma sedikit, sedangkan
kondisinya waktu itu hujan jadi ngga bisa pergi kemana-mana, akhirnya kita buat
cireng dengan tepung seadanya. Dan omg.. ternyata bikin cireng yang kenyal tapi
empuk tuh kuncinya ada di air yang mendidih. Jadi air harus bener-bener
mendidih waktu dimasukin ke tepung. Pvvvt kirain selama inidia punya bahan
khusus gitu.
Selesai bikin cireng, kita lanjut ngobrol-ngobrol. Biar gue
ngga ribet, gue buat dialog ya..
Temen nyokap: maya
teh sekolahnya ngambil jurusan apa?
Me: aku
ngambil boga.
TN: oh..
enak atuh ya, diajarin masak terus.
M: ngga
juga. Prakteknya jarang banget. Kebanyakan teori. Ini aku udah beberapa minggu
ngga sekolah.
TN: hah?
Ngga sekolah? Ih kamu mah aneh.
M: hahaha..
mending di rumah bikin bikin apa gitu.. sehari bisa sampe 3 resep.
TN: kamu
mah anaknya bosenan ya?
M: iya
hehehe..
TN: abis
dari dulu aja pindah-pindah sekolah mulu.. berarti kamu cocoknya di bidang
kreatif gitu.
M: iya
ya?
TN: ada
pembantu kan buat ngeberesin peralatan abis bikin kue? Kan abis bikin bikin apa
gitu pasti berantakan, cuciannya banyak.
M: kalo
di rumah ibu mah ada pembantu. Tapi di aku mah ngga ada. Aku kan ngontrak
sendiri di rumah deket rumah ibu juga.
TN: hahhhh?
Ih kamu mah aneh. Supaya apa ngontrak deket rumah gitu? Kalo ngontrak jauh dari
rumah mah masih wajar.
M: supaya
kalo bikin kue ngga ada yang ngerecokin. Lagian kan aku suka bikin kue
malem-malem. Takut ganggu, suara mixer kan berisik.
TN: ah
kamu mah anehhh..
(setelah itu dia memandangi gue dengan muka bingung sambil
berkali-kali bilang “kamu mah aneh”)
TN: kamu
kan pinter, mayaaa..
M: tapi
aku ngga suka pelajaran eksak.. dan aku ngga suka kalo kebanyakan teori..
TN: punya
otak pinter teh jangan disia-siain.. lagian mana ada sekolah yang praktek
terus?
M: ya
makanya aku ngga mau sekolah.
TN: hahaha..
untung ya kamu punya orangtua sabar.. kalo enggak mah udah diusir kayaknya dari
rumah karna ngga mau sekolah.
M: hehehe…
TN: dulu
waktu kecil pas ditanyain mau jadi apa, kamu bilang mau jadi reporter..
M: itu
kan dulu.. (waktu kecil gue emang pengen banget jadi reporter)
TN: yaudah
atuh jadi reporter aja.. lanjutin sekolahnya.
M: ngga
mau, udah fix ngga mau sekolah..
TN: yaudah
atuh supaya nanti bisa punya restoran ya..
M: aamiin..
(jadi temen nyokap gue ini cukup mengenal gue makanya dia
agak tau banyak tentang gue pas kecil. Dia guru jadi kayaknya memang menjadikan
sekolah itu penting. Ah entah.)